GuidePedia

0
Suasana rapat panitia amaliah ramadhan
Rapat evaluasi kegiatan ramadhan
Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan penuh keberkahan, kehadirannya sangat dinanti-nantikan oleh setiap insan yang hatinya telah taat, tunduk dan patuh kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Bulan Ramadhan sering disebut dengan sayyidusysyuhur (penghulu bulan), karena keutamaan yang ada di dalamnya melebihibulan-bulan yang lain. Bulan Ramadhan juga disebut syahrullah, syahrul shaum, syahrul qur’an, syahrul najah, syahrut tilawah, syahrush shabri, dan nama-nama lainnya yang menunjukkan keistimewaannya.

Di bulan ini umat Islam melaksanakan shaum (puasa) mematuhi perintah Allah subhanahu wa ta’ala sebagaimana tersebut dalam firman-Nya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu bershaum, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.”      (QS2:183,Al - Baqarah).
Memasuki Ramadhan perlu persiapan, supaya bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan ini tidak disia-siakan. Selama sebulan penuh umat Islam akan menghadapi pelatihan dan ujian kesabaran.

Salah satu bekal yang cukup penting adalah mengkaji ulang pemahaman tentang tuntunan shaum dalam Islam. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain dengan membaca buku-buku yang mengupas permasalahan shaum Ramadhan atau mendengarkan ceramah para mubaligh, baik menjelang Ramadhan maupun selama dalam bulan tersebut.

Dalam bulan Ramadhan ini Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberi peluang yang sebesar-besarnya bagi hamba-Nya yang beriman dan melakukan amal shaleh dengan ganjaran pahala yang berkali lipat. Untuk itulah dalam rangka menghidupkan amaliah Ramadhan, Masjid Ar Rosyad telah membentuk panitia amaliah ramadhan jauh hari sebelum mmemasuki bulan ramadhan.

Posting Komentar Blogger

 
Top